Jumat, 28 November 2014

KOMPARASI SOFTWARE 3D ANIMATION


Pada tugas softskill kali ini saya akan membahas tentang komparasi software 3D animasi disini kita menggunakan 3 software yaitu Blender, Sketchup, dan Ogre3D Dan disini saya hanya mencoba dengan menggunakan blender, sketchup, dan Ogre3D. Disini saya membuat rumah adat dengan menggunakan blender dan rumah adat dengan sketchup untuk ogre saya membuat parang itu sendiri merupakan alat tradisional yang tergolong jenis pedang.

Komparasi:
Blender
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.


Kelebihan Blender
Memiliki pengaturan animasi, Mudah digunakan, Menggunakan open GL sehingga membuat animasi lebih bagus, Mempunyai pengaturan texture dan material yang baik, Tidak memakan resource yang terlalu besar, Tool yang banyak dan mudah digunakan, Open source dan berjalan di semua platfom,  Tidak berbayar.

Kesederhanaan software ini membuat Blender tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk sekedar menjalankannya. File instalasinya yang kecil membuat blender juga dapat diinstall dan dijalankan secara portable. Sekitar 40 Mb sebelum diinstall dan 150 Mb setelah di install. Ukuran file yang kecil ini jauh melampaui software sejenis yang file instalasinya membutuhkan ruang hardisk sekitar 2 hingga 3 Gb.

Selain itu, blender versi terbaru juga mendukung GPU (Graphic Processor Unit )-CUDA computing. CUDA adalah metode computing pada kartu grafis untuk meningkatkan pengolahan kecepatan dan performa grafis. Jika blender mendeteksi GPU yang mendukung CUDA , maka proses render akan dilakukan oleh GPU. Hasilnya, render akan lebih cepat serta menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam

Kekurangan Blender 
Adapun kekurangan pada Blender, untuk penguasaannya sangat membuntuhkan waktu lama karena memang agak sulit dipahami terutama pada GUI nya.
Memang blender diakui memiliki fitur yang tidak selengkap software berbayar lainnya. Jika kita ingin melengkapi fiturnya, kita harus mencari plugin yang tersebar di internet ataupun memprogram plugin sendiri. Tentunya ini cukup merepotkan user.

 Disini saya penggunaan Blender:



Google Sketchup 
Sketchup adalah sebuah software desain yang mengarah pada pengolahan gambar 3D, yaitu pengolahan gambar illustrasi sebuah bangunan ataupun yang lainnya, (lebih sering digunakan untuk pengolah gambar" gedung).

Kelebihan Sketchup : 
Adapun kelebihan dan kekurangan di dalam software tersebut, banyak kelebihan yang dimiliki software ini, sangat berbeda dengan pengolah gambar illustrasi 3D lainnya, dalam segi kapasitas sortware ini cenderung lebih ringan di bandingkan dengan yang lain, dalam segi interface google sketchup lebih familiar, mudah di ingat dan Simple.

Sketchup juga banyak menyediakan berbagai fasilitas di antaranya, Gudang gambar 3D, atau 3D Whare House, disana kita bisa berbagi dan mengunduh gambar" yang sudah ada yang dibuat oleh kontributor" dunia, yaitu kumpulan gambar object seperti Meja, Kursi, Televisi, Gedung tinggi Dll, dan juga landmark sebuah kotapun tersedia di sana, dan anda pun bisa berkontribusi di dalamnya, seperti mengupload gambar anda yang sudah ada ke gudang gambar 3D. 

Google Sketup juga menyediakan lahan untuk sebuah bangunan" nyata seperti gedung" tinggi di sebuah negara, yang di gabungkan ke dalam salah satu produk Google lainnya yaitu Google Earth, di sana kita bisa lihat secara langsung gedung" 3D yang sudah d buat oleh kontributor" google Sketchup di Whare House 3D, banyak hal lain juga yang menjadi kelebihannya, yaitu dalam tingkat rendering yang lumayan bagus, kemudahan dalam pengolahannya dan bnyak lagi.

Kekurangan Sketchup :
Karena kesederhanaan sketchup menjadikan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun , Terjadi crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex (kasus ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke google sketchup ).
Hasil gambar kurang memuaskan, Tersedia dua versi SketchUp, yaitu : Google SketchUp (gratis) dan Google SketchUp Pro 

Jadi Kesimpulannya Google Sketchup sangat mudah untuk di oprasikan dan mudah sekali untuk mendapatkannya karna softwarenya Gratis / Free. juga softwarenya yang tidak begitu berat renderingnya 



Disini saya menggunakan Sketchup 


Ogre3D
Ogre 3D (Object – Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan 3D engine yang bersifat fleksibel (multi platform ) yang dibangun dengan menggunakan bahasa C++. Ogre 3D di design untuk mempermudah para developer dalam memproduksi karya – karya 3D, Ogre 3d berupa sekumpulan library – library yang nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan pembuatan object dan konfigurasi.

Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering engine yang bukan complete game engine. Tujuan utamanya dari OGRE adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain.

Kelebihan Ogre3D
Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya, Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager, Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows, Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.
Gratis (Freeware), Open source, dapat dikembangkan secara bebas, Dapat memilih render yang diinginkan, OpenGL atau DirectX, Kemungkinan kinerja OGRE dalam scene culling lebih baik, Dapat dirender dengan baik meskipun dengan kartu grafis bawaan Intel, Mempunyai komunitas yang besar. 

Kurangan Ogre3D
Hanya sebuah rendering engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.



Disini saya menggunakan Ogre3D


Bisa dilihat untuk masing- masing software terdapat kelebihan dan kekurangan. Sekian komparasi software 3D semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar