Paada postingan blog saya ini akan membahas masalah menganalisa tentang desain pada suatu objek 3D disini saya menggunakan Object-Oriented Graphic Rendering Engine atau Ogre3D.
Sebelumnya saya akan menjelasakan apa itu Ogre3D??
Analisa Desain
Sebelumnya saya akan menjelasakan apa itu Ogre3D??
Object-Oriented Graphic Rendering
Engine atau OGRE merupakan sebuah engine yang object oriented dan fleksibel 3D
rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk
mampu mendeveloper atau mengembangkan dengan mudah kedalam aplikasinya
menggunakan utility hardware accelerated 3D graphic. OGRE hanyalah rendering
engine seperti engine lainnya dengan kata lain fitur OGRE hanya menangani kelas
vektor dan matriks.
Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class object yang lebih tinggi.
OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering engine
yang bukan complete game engine. Tujuan utamanya dari OGRE adalah untuk
memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Dengan kata lain fitur OGRE
hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan
lain-lain.
Fitur OGRE :
a. Desain yang
object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur
lainnya.
b. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk
sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
c. Multi-platform dengan dukungan OpenGL &
Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai
content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi
Windows.
d. Tersedia konten
tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare,
Milkshape, Sketchup, dsb.
Analisa Desain
Pada salah satu matakuliah softskill saya menganalisa animasi sederhana dengan menggunakan software – software yg biasa digunakan untuk membuat animasi, seperti blender, 3Dmax ,maya, OGRE dan lain nya.
Kali ini saya membuat animasi itu dengan menggunakan
OGRE,animasi sederhana yang akan saya buat adalah dengan tema "parang salawa" parang itu merupakan salah satu alat tradisional yang tergolong jenis pedang
Pada pembuatan Objek nya saya menggunakan blender kemudain di Export ke Ogre render objek tersebut di program Ogre3D. dengan Direct3D9 Rendering Subsytem.
Untuk pembuatan objek itu sendiri menggunakan beberapa objek untuk bentuk parangnya yang digunakan adalah Cylinder untuk parang dan bentuk lengkungan pada batang nya dan juga plane untuk pembuatan lantai / rumput dengan ditambahakan material dan texture untuk pewarnaan/penggambaran dari parang itu sendiri.
Untuk membuat particle pada ogre kali ini
yang digunakan adalah partikel snow/salju. Terdapat beberapa partikel lain
diantaranya smoke dan rain.Untuk menambahkan cahaya dan juga kamera pada
jendela rendering. Disini kita bisa mengatur posisi dimana kedua nya berada.
Selain itu pada kamera juga bisa dilakukan pengaturan lokasi nya menggunakan
rotasi pada sumbu y atau yaw.Pada background dapat dipilh pada menu ogre.
Berikut ini hasilnya, cukup sekian untuk analisis dari Object-Oriented Graphic Rendering Engine atau OGRE
semoga bermanfaat.
Suimber :
Herlina
http://ulpiupie.blogspot.com/2011/02/kajian-salah-satu-game-engine-ogre.html
http://ulpiupie.blogspot.com/2011/02/kajian-salah-satu-game-engine-ogre.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar