Sabtu, 29 November 2014

ANALISIS DESAIN PADA SUATU OBJEK 3D

Paada postingan blog saya ini  akan membahas masalah menganalisa tentang desain pada suatu objek 3D disini saya menggunakan Object-Oriented Graphic Rendering Engine atau Ogre3D. 
Sebelumnya saya akan menjelasakan apa itu Ogre3D?? 

Object-Oriented Graphic Rendering Engine atau OGRE merupakan sebuah engine yang object oriented dan fleksibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu mendeveloper atau mengembangkan dengan mudah kedalam aplikasinya menggunakan utility hardware accelerated 3D graphic. OGRE hanyalah rendering engine seperti engine lainnya dengan kata lain fitur OGRE hanya menangani kelas vektor dan matriks.

Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.
OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering engine yang bukan complete game engine. Tujuan utamanya dari OGRE adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain.

Fitur OGRE :
a. Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
b. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
c. Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
d. Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.

Analisa Desain 

Pada salah satu matakuliah softskill saya menganalisa animasi sederhana dengan menggunakan software – software yg biasa digunakan untuk membuat animasi, seperti    blender, 3Dmax ,maya, OGRE  dan lain nya. 
Kali ini saya membuat animasi itu dengan menggunakan OGRE,animasi sederhana yang akan saya  buat adalah dengan tema "parang  salawa" parang itu merupakan salah satu alat tradisional yang tergolong jenis pedang
Pada pembuatan Objek nya saya menggunakan blender kemudain di Export ke Ogre render objek tersebut di program Ogre3D. dengan Direct3D9 Rendering Subsytem.

Untuk pembuatan objek itu sendiri menggunakan beberapa objek untuk bentuk parangnya yang digunakan adalah Cylinder untuk parang dan bentuk lengkungan pada batang nya dan juga plane untuk pembuatan lantai / rumput dengan ditambahakan material dan texture untuk pewarnaan/penggambaran dari parang itu sendiri.

Untuk membuat particle pada ogre kali ini yang digunakan adalah partikel snow/salju. Terdapat beberapa partikel lain diantaranya smoke dan rain.Untuk menambahkan cahaya dan juga kamera pada jendela rendering. Disini kita bisa mengatur posisi dimana kedua nya berada. Selain itu pada kamera juga bisa dilakukan pengaturan lokasi nya menggunakan rotasi pada sumbu y atau yaw.Pada background dapat dipilh pada menu ogre. 
Berikut ini hasilnya, cukup sekian untuk analisis dari Object-Oriented Graphic Rendering Engine atau OGRE 
semoga bermanfaat. 




Suimber :

Herlina
http://ulpiupie.blogspot.com/2011/02/kajian-salah-satu-game-engine-ogre.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar