Pada pertemuan semester
baru ini saya diberikan tugas untuk mencari informasi perusahaan yang bergerak
dalam bidang bisnis informatika baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil.
Saya akan menjelaskan sedikit pengertian tentang apa itu Bisnis Informatika?
BISNIS
Adalah suatu organisasi
yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Aspek-aspek bisnis
1. Kegiatan individu dan kelompok
2. Penciptaan nilai
3. Penciptaan barang dan jasa
4. Keuntungan melalui transaksi
Elemen dan Sistem Bisnis
Modal (capital)
: Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
Bahan-bahan (materials)
: Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan
aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
Sumber Daya Manusia (SDM)
: Kualifikasi SDM yaitu memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas
tinggi.
Ketrampilan Manajemen (Management
Skill) : Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur
dan tata kerja manajemen.
Bisnis
Informatika
Bisnis dan Informatika
memiliki dua arti yang saling berbeda. Dalam pengertian sederhana bisnis
informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang
yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi, bisnis yang menghasilkan keuntungan terutama
penjualan kembali property intelektual (intellectual property).
Beberapa contoh Bisnis
Informatika
E-Commerce
Apa yang dimaksud E-commerce? E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan
teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan
sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan
pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer
lainnya.
Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), dll.
Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), dll.
Adapun proses yang
terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1.
Presentasi electronis(Pembuatan Website)
untuk produk dan layanan.
2.
Pemesanan secara langsung dan
tersediannya tagihan.
3. Secara otomatis account pelanggan dapat
secara aman (baik nomer rekening maupun nomer kartu kredit).
4.
Pembayaran yang dilakukan secara
langsung(oneline) dan penanganan transaksi.
Keuntungan transaksi
E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut:
1.
Meninggkatkan pendapatan dengan
menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya – biaya yang
berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dsb.
3. Mengurangi keterlambatan dengan
menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langgsung
dicek.
4.
Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan
pelayanan lebih responsif.
Contoh
E-Commerce
1.
Pembelian buku melalui online.
2.
Pembelian elektronik melalui online.
3.
Pembelian kendaraan melalui online.
4.
Pembelian pakaian melalui online dll.
Dampak
positif dan negative E-Commerce
1.
Revenue Stream (a;iran pendapatan)baru yang
mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di system transaksi
tradisional.
2.
Dapat meningktkan market exposure(pasang
surut).
3.
Menurunkan biaya operasional(operating cost).
4.
Melebarkan jangkauan(global reach).
5.
Meningkatkan customer loyality.
6.
Meningkatkan supplier management.
7.
Memperpendek waktu produksi.
8.
Meningkatkan value chain (mata rantai
pendapatan).
Dampak
negatifnya yaitu :
1.
Kehilangan segi financial secara kangsung
akibat kecurangan
2.
Pencurian informasi rahasia berharga
3.
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan
pelayanan
4.
Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang
tidak berhak
5.
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
6. Kerugian yang tidak terduga, disebabkan oleh
gangguan yang dilakukkan dengan sengaja maupun ketidakjujuran.
Jenis e-Commerce
e-Commerce dapat
dibagi menjadi beberapa jenis yang memiliki
karakteristik berbeda-beda yaitu:
1. Business to Business (B2B)
Business to Business e-Commerce
memiliki karakteristik:
1. Trading partners yang
sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan
(relationship) yang cukup lama. Informasi
hanya dipertukarkan dengan partner tersebut.
Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis
informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan
kepercayaan (trust).
2. Pertukaran data (data
exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara
berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati
bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan
sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data
untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
3. Salah satu pelaku
dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan
data, tidak harus menunggu parternya.
4. Model yang umum
digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing
intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2. Business to Consumer (B2C)
Business to Consumer e-Commerce
memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Terbuka untuk umum, dimana informasi
disebarkan ke umum.
2. Servis yang diberikan bersifat umum
(generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai
contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan
menggunakan basis Web.
3. Servis diberikan berdasarkan permohonan
(on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan
respon sesuai dengan permohonan.
4. Pendekatan client/server
sering digunakan dimana diambil asumsi (client consumer) menggunakan sistem
yang minimal (berbasis Web) dan processing (business
procedure) diletakkan di sisi server.
3. Consumen to consumen(C2C)
Dalam C2C seseorang
menjual produk atau jasa ke orang
lain. Dapat juga disebut sebagai pelanggan
ke palanggan yaitu orang yang menjual produk
dan jasa ke satu sama lain.
Lelang C2C. Dalam lusinan negara,
penjualan dan pembelian C2C dalam situs lelang sangat banyak. Kebanyakan
lelang dilakukan oleh perantara, seperti eBay.com, auctionanything.com, para pelanggan
juga dapat menggunakan situs khusus sepertibuyit.com atau
bid2bid.com. Selain itu banyak pelanggan yang
melakukan lelangnya sendiri seperti greatshop.com menyediakan piranti
lunak untuk menciptakan komunitas lelang terbalik C2C online.
4. Comsumen to Business(C2B).
Dalam
C2B konsumen memeritahukan kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu,
dan para pemasok bersaing untuk menyediakan
produk atau jasa tersebut ke konsumen. Contohnya
di priceline.com, dimana pelanggan menyebutkan
produk dan harga yang diinginkan, dan priceline mencoba menemukan pemasok
yang memenuhi kebutuhan tersebut. (Januri, dkk, 2008).
Keuntungan e-Commerce
1.
Bagi Perusahaan, memperpendek jarak,
perluasan pasar, perluasan jaringan mitra bisnis dan
efisiensi, dengan kata lain mempercepat
pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta
mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas,
seperti biaya pos surat, pencetakan,
report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
2.
Bagi Consumen, efektif, aman secara fisik dan
flexible
3.
Bagi Masyarakat Umum, mengurangi
polusi dan pencemaran lingkungan, membuka peluang kerja baru,
menguntungkan dunia akademis, meningkatkan kualitas SDM (Januri, dkk, 2008).
Jasa
Warnet
Bisnis warnet juga termasuk
dalam bisnis informatika karena secara tidak langsung bisnis ini dilakukan
dengan bantuan media teknologi informasi. Perkembangan bisnis warnet sangan
pesat sekali seiring dengan perkembagan internet, kita ambil contoh saja yaitu
perkembangan jejaring sosial seperti facebook, twiter , game online , dll.
Semua itu akan menarik seseorang untuk datang ke tempat warnet, tentu usaha
warnet merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.
Penyedia Jasa Berita dan
infotainment online
Bisnis ini merupakan bisnin
yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan
mendapatkan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date.
Penyedia jasa ini
sepertigoal.com , detik.com , kapanlagi.com, dll.
Konsultan IT
orang yang bertugas untuk
memberikan saran kepada klien teknologi informasi apa yang harus digunakan
untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki
struktur dan efisiensi sistem IT.
Software House
seorang atau sekelompok orang
atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan
perangkat lunak (software).
Pengertian Informatika
Teknik informatika secara
umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat
keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup
beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak
algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman,
perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu
Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat
lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan
hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua
istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.
Nama Perusahaan : PT.EPSINDO PRIMA SINERGI
Tahun berdiri : Jakarta Juni 2011
Alamat perusahan : Mangga Dua Square Blok E 26 - 27 Jl. Gunung Sahari
Raya No. 1 Jakarta Utara 14420
Telephone :
+62.21.62318661
Fax :
+62.21.62318662 /
63
Website :
www.epsindo.com
Tampilan website
Analisis Perusahaan
TENTANG PT. EPSINDO PRIMA SINERGI &VISI
MISI MOTO PERUSAHAAN
PT.Epsindo Prima
Sinergi adalah sebuah perusahaan yang
bergerak dalam bidang bisnis Distribusi dan Integrasi Sistem jumlah karyawan 60
orang. Menjual produk Unit IT, Jasa dan Service.
Keterampilan management yang dilakukan adalah memasarkan lewat iklan kunjungan
ke dealer, by phone dan by fax serta brosur. Untuk modal kira – kira 5 milyar,
dan omset pertahun 10 milyar.
Prima
Sinergi didirikan di Jakarta pada bulan Juni 2001 dengan tujuan untuk menjadi
distributor terkemuka produk IT berkualitas tinggi di Indonesia.
PT.
Epsindo Prima Sinergi tumbuh secara dramatis cepat, kuat, solid dan telah
mendapatkan reputasi yang baik menyediakan produk IT untuk memenuhi permintaan
dari jaringan luas kami hampir 1.000 dealer, VAR dan ritel. Kami berkomitmen
untuk menyediakan produk kualitas terbaik untuk pasar konsumen & komersial
dengan diakui secara internasional dan produk pemenang penghargaan.
Visi "Menjadi
pilihan pertama dan terbesar one stop Distribusi Perusahaan IT di Indonesia ''
Misi "Memberikan
Memimpin Merek Produk IT untuk Konsumen & Komersial Pasar di Indonesia
Menjadi
pemimpin di perusahaan IT Distribusi dengan memberikan nilai tambah kepada
pelanggan, Partners & Principals.
Menjual produk SAMSUNG
: Notebook, PC, Galaxy Tab, Galaxy Note, SmartPhone, LCD/LED Monitor, Thin
Client, LFD(Large Format Display).
Dell : Notebook, PC,
Server, Storage, dll
Konika Minolta :
Printer Multi Fungsi
E-scan : Anti Virus
& Internet content Security
NEC : POS (Point of
saies), Scanner/HHT(Hand Heid Terminal), Printer, dll
Huawei : Networking
Product dll
Hitachi : projector
Systems
Selain
itu perusahaan PT.EPSINDO PRIMA SINERGI memiliki motto:
*
Motto kami: "Dengan Integritas & Profesionalisme, kami transaksi &
melayani mitra kami & pelanggan"
*
Tujuan Kami: “Menjadi Perusahaan IT Penghargaan di Indonesia - Untuk memiliki
pertumbuhan yang stabil & operasi yang menguntungkan
*
Nilai-Nilai Kami / Keyakinan: “Orang-orang sebagai modal inti - Integritas -
Orientasi Pelanggan – Kerjasama Team
Tujuan
dari perusahaan ini adalah mempunyai kualitas sangat baik.
Kualitas sangat terbaik ini adalah dasar untuk bisnis dari perusahaan
PT.Epsindo Prima Sinergi oleh karena itu adalah tanggung jawab dari setiap
anggotanya untuk mencapai kepuasan pelanggan dengan :
-
Selalu memenuhi atau menepati komitmen
perusahan PT.Epsindo Sinergi kepada pelanggan.
-
Kualitas kinerja secara keseluruhan
terus menerus
-
Hubungan jangka panjang yang sehat dan
di antara anggota, pelanggan dan mitra bisnis.
Keterangan
Produk PT.Epsindo Prima Sinergi
PT.Epsindo Prima
Sinergi telah strategis memiliki produk IT yang menyediakan dealer yang
dimiliki perusahaan ini dengan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
mereka. Kualitas produk diberikan nilai tambah melalui penjualan yang sangat
baik, pemasaran dan dukungan teknis. Strategi pemasaran yang sangat terfokus
pada perusahaan ini telah memberikan dealer dan pengguna memiliki keyakinan
bahwa produk dari perusahaan PT.Epsindo Prima Sinergi dating dengan dukungan
terbaik yang tersedia.
Berikut
ini beberapa penghargaan yang di dapatkan PT.Epsindo Prima Sinergi
• PT Epsindo Prima Sinergi
SyncMaster monitor Distributor Prestasi 2003
• PT Samsindo Prima Sinergi
Optical Disc Drive Distributor Prestasi 2003
• Dalam penghargaan untuk
mempromosikan Monitor Samsung Tahun 2001 dari Samsung Electronics Visual
Tampilan Divisi PT Epsindo Prima Sinergi
• Kontribusi Epson Platinum Award
untuk PT Epsindo Prima Sinergi untuk Prestasi di TA 2004 di Inkjet Printer
Laser Warna & Consumables
• 2003 Prestasi Distributor
Terbaik untuk Multi Fungsi Printer & Durabrite Inkjet Printer PT Epsindo
Prima Sinergi.
Penghargaan Piagam Samsung
PT
Samsung Electronics Indonesia Dalam tujuan memberikan penghargaan dan
menunjukkan rasa terima kasih kepada PT Epsindo Prima Sinergi sebagai
Distribusi Terbaik Samsung Untuk semua orang tahun dukungan dan kontribusi
dalam mengembangkan bisnis Samsung IT di Indonesia November 2006
•
Penghargaan GSBN PT Samsung Electronics Indonesia pemberian PT Epsindo Prima
Sinergi Sebagai Pelanggan yang sangat baik, September-Desember 2006 Untuk
Forecast pesanan Akurasi & PSI Informasi 15 Januari 2007
•
Penghargaan GSBN PT Samsung Electronics Indonesia pemberian PT Epsindo Prima
Sinergi Sebagai Pelanggan Terbaik (IT), Januari - Juni 2007 Untuk Forecast
pesanan Akurasi & PSI Informasi Agustus 2007
• Piagam Penghargaan
PT Samsung Electronics Indonesia Memberikan penghargaan kepada PT Epsindo Prima
Sinergi Atas dukungan & Peran Serta Suami Dalam, selama memajukan ODD
Samsung Indonesia 14 Mei 2007.
Model Distribusi
Cangkupan geografi
Hanya dari Jakarta untuk memasok Channels kami yang meliputi dari Pulau Sumatera (Indonesia Barat), Jawa dan Pulau Bali, Kalimantan, Sulawesi ke Irian Jaya (Indonesia Timur).
Bagan organisassi Epsindo
Berikut
ini tampilan website produk- produk PT.EPSINDO PRIMA SINERGI
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian informasi yang saya sampaikan.
Sumber :
Ulpiupie.blogspot.com/2011/11/bisnis-informatika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar