Kamis, 22 Mei 2014

T2
Perancangan Games
Disni saya membuat games sederhana yaitu tic tac toe 3x3, dan sebelumnya saya sudah menjelaskan definisi dari games tersebut. Untuk mengingatkan kembali games adalah suatu perkembangan dari sebuah teknologi yang ada di masa dahulu dan dimasa sekarang ini., Game juga dapat menghilangkan rasa bosan misalnya ketika kita sedang suntuk bosan menunggu dan dapat membuat seseorang kembali lagi bersemanggat untuk memulai aktifitasnya kembali games tersebut juga selain tujuannya adalah untuk bersenang-senang, game tersebut juga untuk berolahraga ringan bisa dilakukan secara berkempok atau personal/ sendiri.
Disini saya membuatnya dengan menggunakan software VB(Visual Basic)  
Berikut ini penjelasan singkat mengenai definisi VB
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.[1]Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.
Kekurangan Microsoft visual basic 6.0 terletak pada desain report. Tampilan dan fasilitasreport dari Microsoft visual basic 6.0 tidak sebaik dan sebagus software-software lain. Misalnya, fasilitas report wizard pada Visual Foxpro versi 7 yang dapat memudahkan programmer dalam membuat report.
Aturan main (Rules) yang digunakan pada games tic tac toe ini adalah sebagai berikut:
1.   User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak dari symbol X yang akan dimainkan. User diberi kebebasan untuk meletakkan symbol X di mana saja selama berada di papan permainan.
2.   Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan) dengan symbol O.
3.   Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini (membentuk suatu garis secara vertical dan horizontal.
GOAL :
            Goal untuk menyelesaikan permainan Tic Tac Toe ini adalah membuat sebuah deretan tiga symbol yang dapat dibentuk secara vertical, horizontal, games ini juga ada levelnya dari yang mudah, sedang sampai yang sulit.Games akan berakhir salah satu pemain dapat membentuk 8 pola seperti berikut :



Goal 1:
X
X
X






Goal 2:



X
X
X




Goal 3:






X
X
X

Goal 4:
X


X


X



Goal 5:

X


X


X



Goal 6:


X


X


X

Goal 7:
X



X



X

Goal 8:


X

X

X




KONSEP AI :
Game ini berbasis Artificial intelligience (kecerdasan buatan). Kecerdasan buatan pada game ini ada pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan memainkan permainan layaknya seorang manusia. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan cara menutup langkah pemain agar tidak gagal membentuk suatu garis. Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Komputer selalu berusaha menutup peluang seorang pemain untuk memenangkan permainan.
Umumnya, ada dua metode untuk memecahkan masalah semacam Tic-Tac-Toe. (1) metode tradisional dan (2) metode pengurutan dan pencarian Heuristic.
Untuk menyelesaikan permasalahan pencarian, penggunaan Pohon Keputusan merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan, memperluas pohon permainan seluas mungkin, dan menganalisa tiap kemungkinan langkah dan hasilnya. Tiap percabangan juga dapat dianalisa menggunakan Algoritma Minimax yang akan membentuk sebuah fungsi untuk mengevaluasi tiap kemungkinan solusi dan memberikan nilai untuk langkah yang berpeluang memenangkan permainan. Kemungkinan terbesar untuk memenangkan permainan merupakan hasil dari penentuan langkah, dan langkah tersebut ditentukan oleh hasil evaluasi fungsinya.
Sebagai alternatif penyelesaian yang lain, beberapa aturan pencarian heuristic dapat digunakan untuk mengurangi beberapa cabang pohon dari pohon keputusan yang didapat sehingga terlihat lebih pendek. Contohnya menggunakan Depth First Search.

Benar – benar sederhana bukan

Alasan saya menggunakan Bahasa pemprograman Visual Basic (VB) adalah :
-          Selain mudah untuk dipelajari vb juga dapat mengakses data dengan cepat dan akurat
-          Saya juga suka dengan menggunakan software ini
-          Mempunyai tampilan yang lengkap, menarik, dan dapat dijalankan pada semua jenis windows.
-          Dapat mengakses data dengan cepat dan akurat
-          Microsoft visual basic 6.0 dapat dibuat sistem jaringan.
-          Microsoft visual basic 6.0 lebih interaktif.

Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Minimax








Tidak ada komentar:

Posting Komentar