Definisi
Games
Games adalah suatu perkembangan dari sebuah
teknologi yang ada di masa dahulu dan dimasa sekarang ini., dimana perubahannya
makin pesat hingga membuat para gamers
berlomba-lomba untuk memiliki membuat dan memainkan game yang mereka
sukai, serta game dapat dimaikan dengan menggunakan alat yang dapat digenggam
oleh tangan dan dimainkan dari berbagai kalangan baik anak-anak yang berumur 3
tahun sampai orang dewasa yang bermurus 40 tahun semua ini berkat dari para
developer yang membuat serta memodifikasi games sehingga beragam dan dapat
lebih menarik untuk memainkannya dari berbagai kalangan.
Selain game nya sudah beragam game juga ada dalam
berbagai macam bentuk dari yang menggunakan dengan nama joystick ini yaitu
dengan menggunakan tombol maju, mundur, kiri dan kanan dan fungsinya untuk
berinteraksi. Fungsi dari games itu sendiri adalah untuk melatih kemampuan
seseorang untuk berfikir dan cepat dalam mengambil keputusan secara benar, agar
jika sudah dihadapkan dengan berbagai macam masalah dan kita dituntut untuk
memecahkan masalah tersebut sehingga kita dapat menyelesaikannya atau bahkan
kita dapat memenangkan games yang kita mainkan,
Game juga dapat menghilangkan rasa bosan misalnya
ketika kita sedang suntuk bosan menunggu dan dapat membuat seseorang kembali
lagi bersemanggat untuk memulai aktifitasnya kembali games tersebut juga selain
tujuannya adalah untuk bersenang-senang, game tersebut juga untuk berolahraga
ringan bisa dilakukan secara berkempok atau personal/ sendiri.
Permainan dibagi
menjadi 2 kelompok : permainan tradisional dan permainan modern
Permainan Tradisional adalah permainan yang sudah
ada sejak zaman dahulu dengan mengunakan peralatan yang masih sederhana seperti
bamboo, kertas, kayu, permainan tradisional juga sering dipakai untuk permainan
olahraga contohnya lompat jauh,lompat gagah, lompat lembing dan sebagainya.
Permainan Modern seperti yang ada di zaman sekarang
ini dengan permainan game dapat digenggam ditangan
Perkembangan Game
Generasi game pertama
Generasi pertama
konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox
Odyssey, hingga 1977, ketika Pong style produsen konsol meninggalkan pasar
secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol
game pertama yang sukses, Atari 2600 diliris pada oktober 1977 dan sekarang dikenal
dengan nama VCS Video Computer System. pertama sebuah
pemainan yang dapat dimainkan oleh manusia yang berinterasi dengan mesin.
Dan benar dapat mendapatkan kesenangan dari permainan yang dimainkan. Console
ini keluar pada tahun 1972.
Generasi Kedua
Dalam sejarah
komputer game, generasi kedua
(biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era)
dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292
Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi
primadona konsol game adalah konsol game ATARI.Dan
pada generasi kedua ini juga banyak bermunculan console video game dan
menjadi buruan orang banyak. Console yang termasuk generasi kedua adalah
dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2
, Atari 5200.
Generasi Ketiga
Generasi ketiga
dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM
(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia).
Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada
akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka
“bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive /
Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat,
generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini
pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol
Nintendo dengan SEGA yang menjadi saingan NITENDO secara kualitas gambar kedua
console game ini hampir sama.
Generasi Keempat
Dimulai pada tahun 1988 dimana nitendo
dan sega masih terus bersaing Sega mengeluarkan sega baru yaitu Sega mega drive
yang kualitas gambarnya lebih bagus dibandingkan nitendo setelah itu NES tidak
mau kalah sehingga NES kembali meluncurkan SNES(super nitendo entertainment
system. Dan setelah itu bermunculan console game mini seperti gameboy yang
diprduksi oleh nitendo, dan mulai berkeluaran produk console game yang berbasis
CD keduanya sama-sama handal dan popular
Generasi Kelima
SONY mengeluarkan
playstation yang merupakan console yang sudah bisa memiliki gambar 3D dan
menggunakan prosessor 32 bit. Console ini menggunakan CD untuk memainkan
permainan ini dengan menggunakan proses optic untuk membaca kepingan CD Seluruh orang didunia menganggap ps ini sebagai trobosan yang
baik dalam dunia game.
Generasi Keenam
Game yang mendukung gambar 3D dan
mulai persaingan yang ketat karena beberapa produsen menunjukan keunggulan
masing- masing dari console yang mereka produksi. Seperti xbox yang ingin
menyaingi ketenaran dari playstation tetapi SONY tidak mau ambil diam, lalu dia
memproduksi PS2 yang kualitas gambar lebih baik dari ps1. Ps2 ini menggunakan
RAM dan menggunakan kepingan DVD karena data dari video game yang disimpan
sudah cukup besar sekitae 4 gigabite.
Generasi Ketujuh
Dengan kecanggihan
teknologi maka kemudian 3 perusahan konsol terbesar (Sony, Nintendo, dan
Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru.
Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu
Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360 dan nitendo wii.
Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan
yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin
ditinggalkannya permainan single player.
Menurut para ahli
Menurut Chris Crawford , seorang computer game
designer mengemukakan bahwa game merupakan inti sebuah game yang interaktif
, akitivitas yang berpusat pada sebuah
pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan user
Menurut David Parlett, game
adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya" : artinya
ada tujuan, hasil dari serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.
Menurut Roger Caillois, seorang
sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah
aktivitas yang mencakup karakteristik berikut : fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertain, non-productive, governed by rules (ada aturan),
dan fictitious (pura-pura).
Menurut Clark C. Abt, game adalah
kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan
"dibatasi oleh konteks tertentu" (misalnya, dibatasi oleh peraturan).
Menurut Bernard Suits, game
adalah "upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu".
Menurut Greg Costikyan, game
adalah sebentuk karya seni di mana perserta, yang disebut pemain, membuat
keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam
game demi mencapai tujuan.
Menurut ALBERT
EINSTEIN
Game adalah bentuk
investigasi paling tinggi
Menurut Ivan
C. Sibero
Game merupakan
aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media
elektronik saat ini.
Berikut ini adalah
contoh yang Free/ Open Source engines
Game engine adalah
Perangkat lunak sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video
game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol
permainan video dan sistem operasi desktop, seperti Microsoft Windows, Linux,
dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan
mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, sebuah mesin
fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi,
kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, lokalisasi
dukungan, dan sebuah adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering
dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk
menciptakan permainan yang berbeda.Berikut ini jenis jenis Game Engine:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar